Perawatan dan Perbaikan Mesin
Suatu aktifitas dan perbaikan mesin yang perlu dilaksanakan
terhadap seluruh obyek baik teknis, meliputi seluruh material atau benda yang
bergerak atau tidak bergerak sehingga material tersebut dapat dipakai dan
berfungsi dengan baik serta selalu memenuhi persyaratan Standar
Internasional dan non teknis. Meliputi manajemen dan sumber daya
manusia agar dapat berfungsi dengan baik.
Kegiatan yang diperlukan untuk mempertahankan manajemen dan
material sampai pada suatu tingkat kondisi tertentu.
Segala macam kegiatan yang ditunjukan untuk menjaga agar kapal
selalu berada dalam kondisi baik laik laut dan dapat dioperasikan untuk
pengangkutan laut pada setiap saat degan kemampuan diatas kondisi minimum
tertentu
Tujuan Perawatan Dan Perbaikan Mesin
A. Mengoptimalkan
daya dan hasil material sesuai fungsi dan manfaatnya.
B. Mencegah
terjadinya kerusakan berat serta mendadak
C. Mencegah turunya
efisiensi
D. Mengurangi
pengangguran waktu yang berarti menambah hari - hari kerja kapal
E. Mengurangi
jumlah perbaikan dan waktu perbaikan saat kapal dok tahunan
F. Menambah
pengetahuan awak kapal dan mendidik agar mempunyai tanggung jawab kerja
Metode Perawatan Dan Perbaikan
- Sistem
Perawatan Terencana ( Planel Maintenance Sistem )
Adalah rencana
perawatan pada mesin dan permesinan bantu secara berkala baik harian, tiga
harian, mingguan, bulanan, tiga bulanan, enam bulanan, dan seterusnya atau
berdasarkan jam kerja mesin / permesinan
- Sistem
Perawatan Insidentil
Adalah perawatan /
perbaikan yang dilakukan diluar jadwal yang telah tersusun, dikarenakan adanya
kerusakan atau tidak optimalnya bagian - bagian mesin / permesinan.
Cata Kerja, Konstruksi Dan Penataan Permesinan
- Cara
kerja permesinan harus berdasarkan buku panduan mesin itu sendiri,
walaupun secara umum mungkin sama, namun tetap mesin mempunyai karakter
masing - masing.
- Konstruksi dan penataan permesinan harus sesuai dengan kondisi/situasi ruang mesin, keseimbangan besarnya kapal dengan tenaga mesin dan ketersediaan tempat dikamar mesin
Persiapan Pelaksanaan Perawatan dan Perbaikan
- Metode
perawatan termasuk metode rutin / terjadwal atau insidentil
- Jenis
kerusakan / perawatan yang akan dilakukan
- Keadaan
material yang akan dilaksanakan perawatan / perbaikan
- Ketersediaan
suku cadang
- Ketersediaan
waktu pelaksanaan
- Koordinasi
dengan departemen lain, dan dengan pihak manajemen
- Disesuaikan
dengan jumlah jam kerja material dan metode perawatan
- Lakukan
perawatan, pemeriksaan, pengukuran, perbaikan, atau penggantian material
sesuai jam kerja
- Dari
pengecekan fisik, dapat diambil keputusan material yang dirawat,
diperbaiki, atau diganti walau jam kerja belum terpenuhi / belum waktunya.
- Pelaksanaan
Perawatan dan Perbaikan :
Pembersihan,
pemeriksaa, pengukuran, penganalisaan, penggantian material atau pengecekan
fisik
Tahap pertama : Top
Overhaul yang meliputi material, kepala silinder, penekan katup lengkap, batang
pendorong, katup isap dan buang, katup udara berjalan.
Tahap Kedua : Major
Overhaul, yang meliputi torak dan ring torak, batang torak, poros engkol, poros
nok dll
Perawatan Diesel Generator
- Secara
umum sama dengan perawatan motor induk
- Penggantian
filter dan lub oil
Perawatan Ketel Uap
- Ketel
uap adalah tabung / bejana air yang dipanaskan dan menghasilkan uap panas
yang bertekanan dan mampu menjadi sumber tenaga untuk menggerakan pesawat
uap
- Ketel
Uap dibagi menjadi dua jenis yaitu :
Ketel Pipa Api :
Ketel dengan pemanas didalam pipa dan air yanf dipanaskan diluar pipa
Ketel Pipa Air :
Ketel dengan air yang dipanaskan berada didalam pipa dan api yang memanaskan
berada diluar pipa
- Ketel
uap menjadi pesawat bantu apabila motor induk menggunakan mesin diesel.
Namum menjadi pesawat utama / Ketel Uap Induk, bila ketel uap menjadi
penggerak utama dan juga menjadi pesawat bantu
- Apendasi
ketel pipa api dan pipa air adalah sama, hanya pada ketel pipa air ada
katup uap tekanan lanjut. Kesamaan itu antara lain :
- Katup uap utama
- Katup Keamanan
- Katup cerat udara
- Katup pengisian air ketel
- Katup kontrol permukaan air ketel 2 set dll
- Perawatan
Ketel Uap yang Utama :
- Perawatan pompa pengisian air ketel uap
- Perawatan pengatur BBM
- Perawatan bak penampung air pengisian ketel
uap
- Perawatan pompa air kondensat uap bekas
- Perawatan sistem pipa uap, pipa air, pipa BBM,
pipa udara dll
Perawatan pada Mesin Bantu
- Pesawat
- pesawat bantu yang dimaksud adalah seluruh permesinan, pesawat - pesawat
penggerak, peralatan - peralatan dalam sistem yang berfungsi pengganti
pesawat yang semuanya berfungsi penunjang pengoperasian kapal.
- Pesawat
/ Mesin Bantu tersebut :
Untuk memproduksi
udara bertekanan 8 atm - 30 atm yang digunakan untuk menggerakan motor induk
maupun motor bantu dan katup pneumatik lainya dibutuhkan perawatan sebagai
berikut :
- Periksa, kalibrasi low Pressure dan High
Pressure Manometers, agar tetap dalam kondisi baik
- Perawatan dan perbaikan sesuai jam kerja dan
material harus betul diperhatikan secara periodis
- Pastikan LP dan HP valve dalam keadaan baik
yaitu pada bagian spring dan yang lainya harus dalam kondisi baik
- Bersihkan air cooler secara berkala
- Penceratan udara sebelum dan sesudah
menjalankan kompressor
-Pompa Air
Laut dan Pendingin Motor Induk
-Purifier
-OWS
Perawatan Pipa - Pipa
- Perawatan
pipa meliputi kondisi pipa yang sudah berkarat harus di ganti atau di las
agar tidak bocor, kondisi sambungan atau plands harus menggunakan packing
sesuai jenis - jenis pipanya.
- Pipa
juga harus di cat agar tidak mudah berkarat
- Warna
- warna cat pipa di Engine Room antara lain :
Cat Merah
= BBM ( Bahan Bakar Minyak )
Cat Hijau Tua
= Air laut
Cat Abu-abu
= Udara / Angin
Cat Biru
= Air tawar
Cat Kuning
= Oil / Pelumas
Cat Hitam
= Air got / bilge
Perawatan Poros Baling - baling :
- Intermediet
saft ( Bantalan Penerus Saft ) harus berpendingin yang cukup atau normal
dengan menggunakan pelumas oil atau gemuk dll
- Baut
- baut bantalan penerus saft diperiksa dan dikencangkan secara periode
- pipa
- pipa air pendingin di stern tube di periksa agar bekerja dengan baik
Perawatan Mesin - Mesin Deck
Mesin Deck Meliputi :
- Crane
Kargo / Mesin kontrol
- Mesin
Jangkar / Anchor windlass
- Mooring winch
Sumber : http://www.maritimeworld.web.id/2013/10/Ringkasan-Materi-Perawatan-Dan-Perbaikan-Mesin.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar